image Jangan Salah Menyimpan ASI Perah

ASI adalah makanan yang terbaik. Hingga usia 2 tahun, anak dianjurkan untuk mengonsumsi ASI. Bagi ibu yang tidak bisa memberikan ASInya secara langsung, ada cara terbaik untuk memberikan makanan terbaik bagi anaknya yaitu dengan memerah ASI.

Terdapat beberapa faktor yang harus diperhatikan dalam menyimpan ASIP kepada anak. Faktor-faktor tersebut meliputi wadah penyimpanan, suhu penyimpanan dan lama waktu penyimpanan.

Wadah Penyimpanan

Wadah yang paling baik digunakan untuk menyimpan ASIP (ASI Perah) yaitu botol kaca atau plastik khusus untuk ASI. Sterilisasi botol dapat dilakukan dengan alat sterilizer atau cara manual dengan merebus botol dalam air mendidih selama 5-10 menit. Plastik penyimpanan ASI tidak perlu disterilisasi lagi karena telah dilakukan di pabriknya. Namun plastik ASIP tidak bisa digunakan lebih dari 1 kali.

Suhu dan Durasi Penyimpanan

ASI perah dapat disimpan mulai dari beberapa jam hingga beberapa bulan, tergantung dari suhu penyimpanannya. Berikut ini durasi penyimpanan ASIP sesuai suhu dan tempat penyimpanannya:

  • ASIP tahan hingga 6 jam jika ditaruh pada suhu ruangan sekitar 25 derajat celcius.
  • ASIP tahan hingga 24 jam, saat disimpan dalam boks pendingin yang ditambahkan dengan tambahan kantung es (ice pack).
  • ASIP tahan sampai 5 hari, ketika ditaruh pada kulkas bagian lemari pendingin dengan suhu minimal 4 derajat celcius.
  • ASIP tahan hingga 6 bulan pada freezer dengan suhu 18 derajat celcius dibawah titik beku 0 derajat celsius.

Dengan memperhatikan waktu, suhu, durasi dan tempat penyimpanan ASIP, penggunaan susu formula dapat diminimalisasi dan sang ibu bisa memberikan nutrisi emas pada anaknya setiap hari.

Advertisements