image MPASI: Spoon Feeding vs Baby Led Weaning. Apa Bedanya?

Setelah menginjak usia 6 bulan, bayi siap-siap untuk menerima MPASI (Makanan Pendamping Air Susu Ibu) pertamanya. Ada dua cara pemberian MPASI yaitu Spoon Feeding (SF) atau cara tradisional dan Baby Led Weaning (BLW).

Metode SF yaitu pemberian MPASI dengan cara dilumatkan atau dibuat puree. Memberikannya dengan menggunakan sendok yang disuapi langsung kepada bayi. Sedangkan BLW dilakukan dengan cara memberikan makanan langsung (finger food) kepada bayi. Finger food yaitu makanan yang dapat digenggam oleh bayi misalnya buah atau sayuran yang dipotong memanjang. BLW mendorong bayi untuk memasukkan makanannya sendiri kedalam mulut bayi.

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan cara pemberian MPASI dengan dua metode diatas.

SF

  • Metode ini dianggap cara yang mudah diberikan kepada bayi meskipun proses menyiapkannya cukup merepotkan karena harus dilumatkan terlebih dahulu.
  • Orang tua tidak khawatir akan nutrisi yang kurang karena makanan dapat masuk lebih banyak
  • Bayi tidak dapat mengeksplor makanannya sendiri karena orang tua yang menyuapinya

 

BLW

  • Proses penyiapannya tidak merepotkan karena hanya dipotong-potong lalu direbus/dikukus atau dapat langsung diberikan tergantung jenis makanannya
  • Bayi dapat bereksplorasi dengan makanannya karena ia dapat memilih dan memasukannya sendiri kedalam mulutnya
  • Orang tua khawatir akan nutrtisi yang kurang karena biasanya bayi hanya bermain-main dengan makanannya

Terlepas dari kelebihan dan kekurangan metode SF dan BLW, orang tua dapat memberikan MPASI dengan dua metode tersebut karena manfaatnya saling melengkapi.

Advertisements