image Mentega atau Margarin. Mana yang Lebih Sehat?

Mentega dan Margarin, serupa tapi tak sama. Mentega disebut juga butter, yang terbuat dari lemak hewani. Sedangkan maragrin dibuat dari lemak nabati. Inilah perbedaan dasar antara mentega dan margarin. Karena terbuat dari lemak nabati yang mengandung lemak tidak jenuh, margarin dinilai lebih baik untuk menjaga kesehatan jantung dibandingkan dengan mentega. Mentega tidak lebih baik daripada margarin karena mengandung lemak jenuh (lemak “jahat”).

mentega
Mentega

 

Tetapi, tidak semua margarin juga sehat. Beberapa margarin mengandung lemak trans. Secara umum, semakin padat suatu margarin maka semakin banyak kandungan lemak transnya. Lemak trans dibentuk melalui proses pengolahan makanan dimana hydrogen ditambahkan kedalam minyak nabati sehingga minyak tersebut akan berbentuk padat pada suhu ruangan. Lemak trans dikenal “jahat” sama halnya dengan lemak jenuh karena dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL (kolesterol “jahat”) dan menurunkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik) di dalam tubuh.

Membingungkan bukan?

Cara paling mudah untuk menilai apakah suatu margarin sehat atau tidak adalah dengan membaca informasi nilai gizinya. Apabila kandungan lemak jenuhnya sangat sedikit dan lemak transnya tidak ada sama sekali, artinya margarin tersebut baik untuk dikonsumsi.

Margarine
Margarin

 

Nah, untuk Anda yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi didalam tubuh, margarin yang difortifikasi dengan plant stanols dan sterol merupakan pilihan yang terbaik.

Jadi, dalam hal menjaga kesehatan jantung, maragrin lebih sehat daripada mentega. Namun, tetap pastikan bahwa margarin tersebut tidak mengandung lemak trans, ya!

Advertisements