image Wow, Bariatric Surgery Menurunkan Resiko Kanker!

Sebuah riset menemukan bahwa resiko terkena kanker dapat menurun hingga 33% setelah melakukan bariatric surgery, yaitu operasi penurunan berat badan.

* Baca juga Bariatric Surgery

Kelebihan berat badan tidak hanya berdampak buruk terhadap peningkatan resiko terkena diabetes. Obesitas juga dapat meningkatkan resiko terkena kanker. Oleh karena itulah, sebuah riset yang dilakukan oleh peneliti dari University of Cincinnati College of Medicine di Ohio, Amerika Serikat, menganalisis pengaruh bedah bariatrik terhadap penyakit kanker. Mereka menganalisis lebih dari 22.000 orang yang menjalani bedah bariatric.

Tim peneliti melakukan perbandingan antara 22,198 orang yang menjalani bedah bariatrik dengan 66,427 orang yang tidak melakukannya pada tahun 2005-2012. Mereka menggunakan model statistik untuk menelaah kejadian kanker pada orang-orang yang menjalani bedah bariatrik hingga 10 tahun pasca operasi.

“Kami menemukan bahwa setelah melakukan bedah bariatrik, terdapat hubungan dengan penurunan resiko penyakit kanker terutama kanker payudara, kanker endometrium, kanker pankreas dan kanker kolon.” Ujar salah satu doktor dari tim peneliti.

Penurunan resiko terkena kanker setelah operasi weight loss ini lebih signifikan terjadi pada jenis-jenis penyakit kanker yang berhubungan dengan obesitas. Resiko penyakit kanker payudara postmenopous dan kanker kolon dapat berkurang hingga 40%. Bahkan pada penyakit kanker endometrium dan kanker pankreas resikonya dapat berkurang hingga 50%.

Hal yang melatarbelakangi berita menggembirakan tersebut kemungkinan disebabkan karena perubahan hormon estrogen, resistansi insulin dan penyakit diabetes.

  • Hormon Estrogen

Kanker payudara dan kanker endometrium sangat berkaitan erat dan kadar estrogen. Operasi penurunan berat badan dapat menurunkan kadar estrogen sehingga resiko terkena dua jenis kanker inipun menurun.

  • Resistansi Insulin dan Diabetes

Operasi penurunan berat badan dapat mengurangi resistansi insulin dan menurunkan resiko terkena diabetes yang merupakan faktor resiko terjadinya kanker pankreas.

 

Referensi:

Schauer, D.P., Feigelson, H.S., Koebnick, C., Caan, B., Weinmann, S., Leonard, A.C., Powers, J.D., Yenumula, P.R. and Arterburn, D.E., 2017. Bariatric Surgery and the Risk of Cancer in a Large Multisite Cohort. Annals of Surgery.

Courtesy Image: Cancer Research UK

 

Advertisements