image Jangan Salah Minum Vitamin. Ternyata Ada Waktunya!

Banyak orang yang memilih vitamin dan supplement sebagai pelengkap kebutuhan zat gizi harian. Ternyata, efektivitas vitamin bisa berubah tergantung waktu dan bagaimana mengonsumsinya.

Waktu, asupan makanan dan cairan, akan memengaruhi penyerapan vitamin di dalam tubuh. berikut ini adalah jenis-jenis vitamin dan waktu yang tepat untuk mengonsumsinya.

  1. Vitamin B kompleks

Vitamin B biasanya digunakan untuk meningkatkan energy dan mengurangi stress. Ada 8 jenis vitamin B yang pada umumnya dikonsumsi dalam satu kapsul yang disebut dengan vitamin B kompleks. Waktu terbaik untuk mengonsumsi vitamin B adalah dipagi hari setelah bangun tidur karena perut kosong dapat memaksimalkan penyerapannya.

 

  1. Vitamin larut air

Jenis vitamin ini tidak diproduksi secara alami dan tidak disimpan oleh tubuh sehingga kita harus mendapatkannya dari makanan atau bila perlu dengan supplement. Vitamin yang dapat larut dalam air adalah vitamin C dan beberapa jenis vitamin B. vitamin larut air dapat dikonsumsi kapan saja dan dalam jumlah yang tidak banyak.

 

  1. Vitamin larut lemak

Vitamin yang dapat larut dalam lemak hanya dibutuhkan dalam jumlah yang sedikit. Konsumsi jenis vitamin ini dalam jumlah yang besar dapat berbahaya bagi tubuh dan beracun. Vitamin larut lemak sulit hilang selama proses pemasakan sehingga tubuh mampu mencukupi kebutuhannya melalui makanan. Jenis vitamin larut lemak yaitu vitamin A, D, E dan K. keempat jenis vitamin ini disimpan dalam hati dan jaringan lemak sehingga para peneliti setuju untuk tidak mengonsumsi vitamin larut lemak dalam bentuk supplement.

 

Referensi:

Fletcher, J. 2017. What is the best time to take vitamins?. Medical News Today

Advertisements