image Polydipsia: Rasa Haus Sangat Ekstreme

Polydipsia merupakan istilah untuk rasa haus berlebihan atau sangat ekstreme. Polydipsia bukan merupaan suatu penyakit namun dapat menjadi gejala sebuah penyakit.

Setiap orang dapat merasakan haus dan minum dalam jumlah yang sangat banyak setelah makan makanan asin, olah raga atau ketika cuaca panas. Rasa haus normalnya akan segera hilang ketika sudah minum. Namun seseorang yang mengalami polydipsia akan terus menerus merasa haus berhari-hari bahkan berminggu-minggu.

 

Berapa banyak air minum setiap harinya?

Sebenarnya asupan cairan seseorang berbeda-beda tergantung tingkat dan status kesehatan seseorang, intensitas fisik/olah raga dan tempat tinggal seseorang. Anjuran minum air sebanyak 2 liter berdasarkan populasi general. Ingatlah bahwa cairan tidak selalu air putih namun kopi dan jus buah juga termaduk asupan cairan. Jadi untuk mendiagnosa seseorng mengalami polydipsia harus memperhitungkan semua asupan cairan.

 

Penyebab Polydipsia

  • Diabetes mellitus
  • Dehidrasi
  • Diabetes insipidus
  • Kehilangan cairan tubuh
  • Penggunaan obat-obatan tertentu
  • Mulut kering

 

Pengobatan

Pengobatan polydipsia tergantung penyebabnya. Pada pasien diabetes mellitus, mereka dianjurkan untuk menurunkan kadar gula darah. Pada penyakit diabetes insipidus biasanya hanya dengan mengatur asupan air yang dianjurkan oleh dokter. Hal ini untuk mengobati atau mencegah dehidrasi. Dalam beberapa kasus, dokter umumnya akan memberikan obat desmopressin.

 

Referensi

McBean, B. 2017. Polydipsia: Causes, symptoms, and treatment. Medical News Today

Advertisements