image Stevia, Pemanis Alami Nol Kalori

Saat ini, masyarakat semakin sadar akan kesehatan salah satunya dengan cara mengurangi makanan manis dan bergula. Produk komersial gula sintesis telah banyak digunakan seperti aspartame. Ada pula pemanis alami yang ternyata tingkat kemanisannya 200-400 kali lipat dari gula pasir namun tetap 0 kalori.

Stevia merupakan pemanis alami yang dibuat dari daun tumbuhan Stevia rebaudiana. Tanaman tersebut berasal dari Amerika Selatan. Peneliti dari United Kingdom dan Belgia menemukan bahwa stevia bisa mengaktivasi protein TRPM5, yang berhubungan dengan persepsi rasa. Protein ini juga berperan penting untuk pengeluaran hormone insulin setelah makan. Kemampuan tersebut memberi kabar gembira bahwa stevia mampu digunakan untuk pencegahan serta terapi diabetes dan diet.

spoon-tape-measure-stevia
Daun Stevia rebaudiana dan Kristal Gula Stevia

 

Sebenarnya, pemanis gula tebu juga aman digunakan oleh penderita diabetes asalkan digunakan dalam jumlah yang sedikit. Akan tetapi, pemanis stevia mampu memberikan rasa manis berkali-kali lipat dari gula tebu dengan 0 kalori dan bahkan mampu mengontrol kadar gula darah.

Mekanisme bagaimana stevia mampu mengontrol gula darah belum dapat diketahui secara pasti dan penelitian terkait hal itu masih terus berlanjut.

Akan tetapi, riset terbaru menyebutkan bahwa stevia mengaktifkan TRPM5, sebuah protein yang berperan penting untuk persepsi rasa manis, pahit dan gurih. Lebih jauh lagi, TRPM5 menyebabkan sel-sel beta pancreas untuk menghasilkan insulin setelah makan. Hal ini tentunya akan mengontrol gula darah dan mencegah terjadinya penyakit diabetes.

Produk komersial gula stevia sudah banyak digunakan meskipun dengan harga yang terbilang mahal. Sayangnya karena stevia memiliki tingkat kemanisan yang sangat tinggi, pemanis tersebut akan menghasilkan after taste pahit. Hal ini menyebabkan masyarakat sedikit enggan berpindah dari gula tebu yang rasa manisnya jauh lebih enak. Akan tetapi, untuk kesehatan dan pencegaha penyakit, kenapa tidak dicoba!

Referensi:

Philippaert, K., et. al. 2017. Steviol glycosides enhance pancreatic beta-cell function and taste sensation by potentiation of TRPM5 channel activity. Nature Communications, 8, p.14733.

Advertisements