image Porsi Paling Baik Makan Buah dan Sayur untuk Mencegah Penyakit

Saat ini, beberapa negara menganjurkan masyarakatnya untuk mengonsumsi buah dan sayur sebanyak minimal 5 porsi per hari. Anjuran ini berdasarkan penelitian ilmiah yang mengemukakkan bahwa 5 porsi buah dan sayur/hari mampu mengurangi resiko terkena penyakit degenerative seperti diabetes, stroke dan kanker. Akan tetapi, penelitian terbaru justru menyatakan bahwa 5 porsi sayur dan buah belum cukup untuk menjaga kesehatan.

 

Penelitian yang dipimpin oleh Dr. Dagfinn Aune dari School of Public Health of Imperial College London menganalisis 95 jurnal. Dr. Dagfinn menyimpulkan bahwa 800 gram buah dan sayur per hari atau sekitar 10 porsi dapat menurunkan resiko terkena penyakit dan kematian dini lebih manjur daripada hanya 5 porsi.

Satu porsi sayur dan buah ditentukan sebanyak 80 g. Berat ini setara dengan 1 buah pisang ukuran kecil-sedang, 1 buah apel, atau 3 sendok makan sayuran matang.

Porsi Sayur dan Buah
Ukuran 1 Porsi Buah dan Sayur

 

Tim peneliti menemukan bahwa orang yang mengonsumsi sayur dan buah sebanyak 200 g menunjukkan dampak positif terhadap kesehatan jika dibandingkan dengan mereka yang tidak makan buah dan sayur sama sekali. Konsumsi sayur dan buah 200 g/hari mampu menurunkan resiko terkena penyakit jantung stroke dan kematian dini sebanyak 15%.

Menariknya, tim peneliti juga menemukan bahwa semakin banyak sayur dan buah yang dikonsumsi, semakin besar manfaat kesehatan yang didapat.

Mereka yang mengonsumsi sayur dan buah sebanyak 10 porsi/hari mampu mengurangi resiko terkena penyakit degenerative hingga 30%.

 

Jenis Buah yang Paling Baik

Diantara buah dan sayur yang dianalisis, apel, pear, jeruk dan sayuran hijau seperti bayam serta cruciverous vegetables (kol, brokoli, kembang kol) merupakan jenis yang paling baik untuk mengurangi penyakit yang disebutkan diatas. Untuk mengurangi resiko penyakit kanker, ternyata sayuran berwarna memiliki pengaruh yang paling signifikan. Dari sayuran hijau hingga sayuran berwarna kuning seperti paprika dan wortel mampu menurunkan resiko penyakit kanker paling banyak.

 

Jadi, sudahkah Anda memenuhi anjuran makan dan sayur per harinya?  

 

Referensi

Aune, D., et. al. 2016. Fruit and vegetable intake and the risk of cardiovascular disease, total cancer and all-cause mortality–a systematic review and dose-response meta-analysis of prospective studies. International Journal of Epidemiology.

Advertisements