image Cara Membaca Informasi Nilai Gizi Produk Ibu Hamil

Kebutuhan gizi ibu hamil harus sangat diperhatikan mengingat adanya sang jabang bayi yang membutuhkan beragam zat gizi. Guna melengkapi kebutuhan gizi tersebut, biasanya ibu hamil direkomendasikan untuk mengonsumsi susu formula dan supplement. Kita sering kali mendengar atau membaca kemasan susu formula untuk mengonsumsi susu sebanyak 2 gelas per hari. Ditambah lagi, kita dianjurkan untuk mengonsumsi supplement misalnya 1 kapsul/tablet perhari.

Sayangnya banyak diantara ibu hamil yang kurang memahami bagaimana membaca informasi nilai gizi dan menginterpretasikannya kedalam kebutuhan gizi perhari.

Kondisi ini pada akhirnya dapat menyebabkan kesalahan seperti kekurangan atau bahkan kelebihan zat-zat gizi. Berikut ini adalah cara membaca dan mengartikan informasi nilai gizi yang terdapat dalam kemasan produk susu formula dan supplement/multivitamin.

 

  1. Susu Formula
susu formula ibu hamil
Informasi Nilai Gizi Salah Satu Produk Susu Formula Ibu Hamil

Jika dilihat dari kemasan diatas, beberapa vitamin dan mineral seperti Vitamin D3, Asam folat, Kalsium, Besi (Iron), Fosfor, dan Magnesium memberikan 45% AKG. Artinya, dalam 1 gelas susu (takaran saji 45 g) akan menyumbangkan 45% kebutuhan zat-zat gizi tersebut dalam sehari.

Itulah mengapa banyak diantara produk susu formula menganjurkan 2 gelas per hari untuk memenuhi setidaknya 90% angka kecukupan vitamin-vitamin tersebut.

 

  1. Supplement Multivitamin
folamil-genio
Informasi Nilai Gizi/Tabel Komposisi Supplement Multivitamin Ibu Hamil

Dari informasi pada gambar diatas, kapsul multivitamin tersebut mengandung Folic acid (Asam folat), Betacarotene, Vitamin B1, Vitamin B2, Nicotinamide, Vitamin B6, Calcium D-pantothenate, Calcium carbonate, Vitamin B12, Vitamin D3, Vitamin K1, Biotin, Copper Gluconate, Iron Polymaltose Complex (IPC), DHA (Docahexaenoic Acid) dan ARA (Arachidonic Acid).

Interpretasi:

Takaran saji Folic acid atau asam folat adalah 1 mg (=1000 mcg), dan memberikan 166,67% AKG. Artinya, dengan mengonsumsi 1 kapsul supplement merk diatas ibu hamil mendapatkan 1 mg asam folat dan sudah memenuhi kebutuhan asam folat saat hamil (bahkan melebihi 100%, yaitu 166,67%).

Begitu pula dengan vitamin dan mineral lain yang terdapat dalam kapsul, cara membacanya adalah sama seperti diatas.

 

Berdasarkan tabel Angka Keburuhan Gizi (AKG) yang diterbitkan oleh Departemen Kesehatan RI tahun 2013, kebutuhan Asam folat saat hamil adalah 600 mcg (0,6 mg). Jadi apabila kita mengonsumsi 1 kapsul multivitamin tersebut, kita akan mendapat kelebihan 400 mcg Asam folat (166,67% AKG).

Bisa dibayangkan apabila kita mengonsumsi 1 kapsul supplement + 2 gelas susu akan menyumbangkan 256,67% Asam folat.

Angka kecukupan gizi lainnya dapat dilihat pada tabel di link tersebut.

 

Efek Samping:

Hingga saat ini, memang tidak ada efek samping negative yang ditimbulkan dari setiap konsumsi tablet supplement yang dianjurkan (misalnya 1 kapsul lunak per hari) dan atau ditambah dengan 2 gelas susu perhari. Apabila ibu hamil mengonsumsi 1 tablet/kapsul supplement dengan 2 gelas susu per hari maka kebutuhan gizinya akan mencapai hingga 200% (2 kali lipat dari kebutuhan yang seharusnya).

Interaksi nutrisi dalam tubuh memang sangat kompleks dan terlalu sulit untuk menghitung secara akurat berapa persen yang terabsorpbsi dalam tubuh. Tubuh manusia sendiri dapat menyeimbangkan kelebihan asupan zat gizi dengan menyimpan atau membuangnya. Namun ibu hamil tetap harus memperhatikan dan menaksir jumlah asupan gizi degan cermat agar tidak terlalu berlebihan karena jika sampai melewati batas toleransi maka akan timbul efek negatif (akibat overdosis). Contohnya seperti mual, diare atau sakit kepala*.

Konsumsi produk-produk ibu hamil seperti susu formula dan multivitamin memang dianjurkan bagi mereka yang tidak dapat memenuhi zat-zat gizi secara seimbang dan sesuai kebutuhan apabila hanya dari makanannya saja. Namun setelah ibu hamil memahami bagaimana cara menginterpretasikan %AKG diatas, alangkah baiknya ibu hamil lebih bijak dalam mengonsumsi produk-produk kehamilan. Menurut anjuran hidup sehat, eat everything in moderation!

 

*Reference: http://americanpregnancy.org

Responsible author: Nadia Farhani, M.Sc

Advertisements