image Olah Raga yang Umum untuk Pria Ternyata Bermanfaat bagi Wanita

Sepak bola merupakan olah raga yang sangat popular dan digandrungi kaum pria. Olah raga ini memiliki banyak manfaat antara lain untuk mencegah penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Ternyata efek positif sepak bola juga bermanfaat bagi kaum wanita.

Penelitian

31 orang wanita usia 35-50 tahun direkrut dalam sebuah penelitian. Seluruh wanita yang terlibat memiliki penyakit tekanan darah tinggi. 19 diantaranya diharuskan melakukan pelatihan sepak bola selama 1 jam, 2 hingga 3 kali seminggu. Pelatihan berlangsung selama 1 tahun. Sedangkan 12 wanita lainnya tidak melakukan olah raga apapun.

hasil

Wanita yang melakukan olah raga sepak bola mengalami penurunan tekanan darah lebih banyak dibanding dengan wanita yang tidak melakukan, begitupula dengan kadar lemak tubuh dan plasma trigliserida. Adanya penurunan tekanan darah dan kadar lemak tentu bermanfaat dalam managemen penyakit tekanan darah tinggi. Melakukan olah raga sepak bola juga terbukti sama efektifnya dengan penggunaan obat-obatan antihipertensi.

 

Referensi

Krustrup, P., et al. 2017. Broad‐spectrum health improvements with one year of soccer training in inactive mildly hypertensive middle‐aged women. Scandinavian Journal of Medicine & Science in Sports.

Advertisements