image Benarkah Zero Calorie Sweetener Cocok untuk Diet?

Aspartam merupakan pemanis buatan yang biasanya digunakan sebagai bahan pemanis untuk makanan dan minuman, khususnya produk untuk diet seperti diet soft drink. Karena memiliki rasa manis namun rendah kalori, aspartam menjadi pilihan bagi mereka yang ingin melakukan penurunan berat badan. Akan tetapi, sebuah penelitian terkini menyebutkan bahwa aspartame mungkin tidak akan efektif untuk program diet dan bahkan memiliki pengaruh menaikan berat badan.

 

Beberapa penelitian mengindikasikan bahwa aspartame justru membuat kita merasa lebih lapar dan menyebabkan kegemukan. Penelitian pada tikus juga menunjukkan sebuah hasil yang sama. Oleh karena itulah para tim peneliti dari Massachusetts General Hospital Department of Surgery menelaah apakah aspartame metabolit-lah yang memiliki peran dalam meningkatkan berat badan.

Struktur kimia aspartam
Strukur Kimia Aspartam

 

Aspartam Menghalangi Enzyme Pencegah Obesitas

Di dalam tubuh manusia, aspartam dimetabolisme dan dipecah menjadi penilalanin, asam aspartat dan metanol. Akan tetapi, penilalanin dapat mencegah produksi IAP (intestinal alkaline phosphatase). IAP merupakan enzim pencernaan yang memiliki peran untuk mencegah penyakit metabolik sindrom (gabungan penyakit diabetes, kardiovaskular dan obesitas). Karena alasan inilah mengapa aspartam justru tidak akan berpengaruh dalam menurunkan berat badan, meskipun digunakan sebagai pengganti gula pasir.

Selain mekanisme diatas, jenis pemanis buatan rendah kalori seperti aspartam dapat menyebabkan rasa lapar lebih besar karena pendiet cenderung meningkatkan asupan kalorinya. Sebuah alasan logis dimana psikologis manusia akan berperan ketika mengonsumsi makanan rendah kalori, justru akan dikonsumsi lebih banyak!

 

Referensi

Sarah Shireen Gul et al. 2016. Inhibition of the gut enzyme intestinal alkaline phosphatase may explain how aspartame promotes glucose intolerance and obesity in mice. Applied Physiology, Nutrition and Metabolism, doi: 10.1139/apnm-2016-0346

Advertisements