image Cegah Infeksi Saluran Pernafasan Atas pada Anak dengan Produk Lebah Madu

Infeksi saluran pernafasan atas (Upper Respiratory Tract Infections/URTI) merupakan infeksi yang menyerang saluran pernafasan manusia termasuk hidung, sinus, faring atau larin.

Infeksi saluran pernapasan dapat disebabkan oleh virus, bakteri, atau organisme lain. Gejala URTI umumnya berupa hidung tersumbat, hidung beringus, bersin-bersin, batuk, nyeri otot, dan sakit tenggorokan. Gejala lain yang mungkin timbul adalah hilangnya daya penciuman dan perasa, tekanan pada telinga, rasa perih ringan pada mata, dan demam.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa produk lebah, diantaranya propolis dan royal jeli dapat mencegah terjadinya URTI karena berperan sebagai antibakteri, antivirus, dan antiinflamasi. 

Propolis

Propolis merupakan produk lebah madu yang telah diproses dalam air liurnya. Propolis digunakan oleh lebah sebagai pelindung sarangnya dari serangan bakteri dan fungi, serta pelembab dan pengatur suhu didalam sarang. Propolis berwarna cokelat kehijauan  dan mengandung sejumlah phytochemical yang berbeda-beda tergantung sumber bungan dan pohon yang digunakan oleh lebah. Salah satu bahan aktif propolis yang bermanfaat sebagai pencegahan URTI adalah CAPE (Caffeic Acid Phenethyl Ester). CAPE berfungsi sebagai modulator imun, anti bakteri dan antivirus.

Royal Jeli

Royal jeli (RJ) merupakan campuran krim putih kekuningan dan sekresi asam yang diproduksi oleh lebah pekerja untuk menyuplai makanan bagi sang ratu lebah. Royal jeli mengandung mineral, vitamin, karbohidrat dan protein. Senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan dalam royal jeli salah satunya adalah senyawa lipid, namun fakta-fakta saat ini belum cukup untuk menyimpulkan senyawa dalam RJ yang berperan dalam pengobatan URTI pada anak-anak. Akan tetapi, beberapa penelitian epidemiologi dan in vivo menyebutkan bahwa senyawa yang terkandung dalam royal jeli bermanfaat sebagai pencegah infeksi secara general.

honey

Berdasarkan review tersebut, orang tua dianjurkan untuk memberi supplement propolis dan royal jeli bagi anak-anak khususnya sebagai pencegahan batuk, flu dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak.

Reference :

Yuksel, S and Akyol, S. 2016. The consumption of propolis and royal jelly in preventing upper respiratory tract infections and as dietary supplementation in children. Journal of Intercult Ethnopharmacol. 5(3): 308–311.

Advertisements