image Toddler Obesity: Ketika Balita Gemuk tak Lagi Lucu

Persepsi masyarakat tentang body image anak balita umumnya “gemuk itu lucu”. Padahal, kegemukan sejak balita dapat membawa pengaruh negatif bagi kesehatannya kelak.

Balita gemuk lebih beresiko mengalami kegemukan saat dia menginjak usia sekolah. Lebih jauh lagi, kegemukan di masa kecil dapat menjadi starting point terbentuknya penyakit kronis seperti jantung dan hipertensi di kemudian hari atau bahkan diabetes diusia belia. Tak hanya itu, kegemukan pada masa kanak-kanak dapat menimbulkan masalah psikologis seperti bullying sehingga kepercayaan dirinya berkurang (1).

Kegemukan pada anak balita dipengaruhi oleh ketidakseimbangan antara asupan makanan dan aktivitas fisik. Era teknologi dewasa ini membawa perubahan hidup yang sangat besar. Kecanggihan teknologi membuat mereka bermain secara virtual sehingga menyebabkan terbentuknya sedentary lifestyle (gaya hidup kurang aktif bergerak). Ditambah lagi, maraknya produk-produk makanan dan minuman manis yang sangat disukai oleh anak-anak tidak bisa dielakkan.

Penyebab kegemukan pada balita sebenarnya sangat bisa dikontrol oleh orang tua atau pengasuhnya. Namun, yang perlu digaris bawahi bahwa balita tidak dianjurkan untuk melakukan diet berlebihan seperti low calorie diet karena masa lima tahun kebawah adalah masa emas pertumbuhannya.

Faktor yang sangat bisa dikendalikan adalah dengan memilah dan memilih asupan makanan. Orang tua sebisa mungkin cermat memberikan jajanan kepada anak. Batasi jumlah jajanan bergula tinggi atau kurangi makanan cepat saji. Dan yang paling penting adalah meningkatkan aktiftas fisik anak. Ajaklah anak untuk bermain diluar dengan teman sebayanya atau berolah raga ringan seperti berjalan dan berenang.

Mengurangi intensitas bermain dengan gadget adalah cara terbaik yang juga bermanfaat untuk perkembangan psikosocialnya. Terakhir, mengubah pola pikir dan paradigma socioculture bahwa anak gemuk itu lucu.

Reference:

(1) Langley-Evans, S. 2013. Nutrition: a lifespan approach. John Wiley & Sons

Courtesy Image: Pretty Mom Guide

Responsible Writer: Nadia Farhani, M.Sc

Advertisements