image Amankah Diet Drinks untuk Penderita Diabetes?

Penderita diabetes harus mengontrol asupan gula mereka. Banyak dari mereka tidak mengonsumsi minuman manis seperti sirup, jus buah kemasan hingga soft drinks sehingga mereka menggantinya dengan minuman yang menggunakan pemanis buatan (diet drinks). Namun, apakah benar minuman dengan gula buatan itu masih tetap aman dikonsumsi untuk penderita diabetes?

Sebuah penelitian yang dilansir dalam American Journal of Clinical Nutrition menganalisis konsumsi diet drinks (soft drink dan minuman buah atau jus) pada 66.118 wanita selama 14 tahun. Parameter akhir yang diteliti adalah resiko kejadian diabetes melitus tipe 2.

Hasilnya, konsumsi diet drinks lebih dari 603 ml/minggu berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan resiko terkena penyakit diabetes tipe 2. Bahkan resikonya 2 kali lebih besar dibanding orang yang tidak mengonsumsi diet drinks sama sekali.

Pada penelitian ini juga dianalisis konsumsi minuman dengan pemanis alami dan 100% jus buah. Wanita yang mengonsumsi minuman dengan pemanis alami >359 ml/minggu mengalami peningkatan resiko diabetes sementara bagi mereka yang meminum 100% jus buah alami tidak ditemukan adanya hubungan negatif terhadap diabetes.

orange juice

Terdapat banyak hipotesis yang melatarbelakangi mekanisme pengaruh diet drinks terhadap penyakit diabetes. Pertama, konsumsi diet drinks menyebabkan preferensi rasa manis meningkat. Kedua, aspartame, pemanis buatan yang paling sering digunakan pada diet drinks, membangkitkan respon tubuh terhadap glukosa setelah makan (postprandial glucose) dan meningkatkan konsentrasi insulin. Respon tubuh ini serupa dengan pasca konsumsi minuman manis bergula alami.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa konsumsi diet drink harus dibatasi pada penderita diabetes. Selain itu, jus buah tanpa penambahan pemanis alami/buatan tampaknya jauh lebih baik.

 

Reference

Fagherazzi, G., Vilier, A., Sartorelli, D. S., Lajous, M., Balkau, B., & Clavel-Chapelon, F. (2013). Consumption of artificially and sugar-sweetened beverages and incident type 2 diabetes in the Etude Epidémiologique auprès des femmes de la Mutuelle Générale de l’Education Nationale–European Prospective Investigation into Cancer and Nutrition cohort. The American journal of clinical nutrition, 97(3), 517-523.

Advertisements