image Mekanisme Buah Delima dalam Mencegah Kanker Kolon

Kanker kolon merupakan jenis kanker yang paling sering di temui dan merupakan penyebab utama kematian karena kanker. Akan tetapi kanker kolon dapat dicegah dengan cara mengubah asupan makanan.

colon-cancer

Polifenol yang terdapat dalam buah-buahan dapat mencegah terjadinya kanker dengan mekanisme antioksidan, antiproliferative dan proapoptosis. Delima merupakan salah satu buah-buahan yang memiliki kandungan polifenol dalam bentuk ellagitanins. Ellagitanins inilah yang berperan besar dalam khasiat buah delima untuk kesehatan. Ellagitanins dalam delima yang telah dikonsumsi akan dimetabolisme oleh mikroba usus menjadi analog ellagic acid yaitu urolithins.

Penelitian yang dilakukan oleh Kasimsetty et al dari The University of Mississippi yang dikutip dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry menemukan bahwa ellagitanins mampu menghambat proliferasi sel kanker dan menginduksi terjadinya apoptosis (kematian sel). Mekanisme perusakan tersebut adalah dengan memfragmentasi DNA sehingga sel-sel kanker tidak dapat memperbanyak diri.

 

Reference:

Kasimsetty, S. G., Bialonska, D., Reddy, M. K., Ma, G., Khan, S. I., & Ferreira, D. 2010. Colon cancer chemopreventive activities of pomegranate ellagitannins and urolithins. Journal of agricultural and food chemistry, 58(4), 2180-2187.

Courtesy image: mayoclinic

Advertisements